Sabtu, 05 November 2016

barang bekas bisa jadi penghasilan ^^produk rekayasa,tugas prakarya.

100 Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Ini Bisa Kamu Jual dengan Harga Mahal

100 Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Ini Bisa Kamu Jual dengan Harga Mahal
Decrease Font SizeIncrease Font SizeText SizePrint This Page 
Tahukah kamu bahwa barang bekas bisa dibuat berbagai kerajinan tangan unik yang bisa dijual dengan harga mahal. Barang bekas sering dipandang sebelah mata, bahkan cenderung dibuang atau dijual dengan harga yang sangat murah.
Tetapi di tangan orang kreatif barang bekas tersebut bisa disulap menjadi barang yang bernilai tinggi dan dijual dengan harga yang cukup mahal.
Salah satu cara memanfaatkan barang bekas adalah dengan dibuat berbagai kerajinan tangan yang memiliki banyak fungsi.
Yups kerajinan tangan dari barang bekas saat ini sedang tren di kalangan masyarakat, selain memiliki nilai ekonomis kegiatan ini juga membantu mengurangi sampah plastik.
Nah, biar gak usah lama-lama berikut adalah beberapa kumpulan kerajinan tangan yang dibuat dari berbagai barang bekas.

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Kaset CD

Kerajinan dari CD Bentuk Burung


Kerajinan dari CD Bentuk Burung
earthporm.com

Lihatlah betapa indahnya hasil kerajinan ini. Tahukah kamu bahwa burung cantik dan indah ini dirangkai dari kepingan-kepingan kaset CD yang sudah tidak digunakan lagi.
Ya, berawal dari barang yang sudah tidak digunakan bisa disulap menjadi barang yang bernilai seni tinggi.

Gitar Unik dari CD Bekas


Gitar dari CD Bekas
earthporm.com

Tidak hanya bisa dibuat bentuk hewan, hasil dari kepingan cd bekas juga bisa digunakann untuk membuat gitar yang indah. Lihatlah motif-motif klasik yang disusun dari pecahan-pecahan cd tersebut menambah kesan artistik pada gitar.

Pot Keramik dari CD Bekas


Pot Keramik dari CD Bekas
earthporm.com

Nah setelah melihat gambar di atas, masih berfikir untuk membuang cd bekas koleksi kamu? Pasti tidak kan, ya bila ada piring atau keramik yang sudah pecah dan tidak bisa digunakan, cobalah untuk menghiasnya dengan menempelkan kepingan cd sehingga akan terlihat menarik.
Kamu bisa meletakan hiasan tersebut di dalam ruangan ataupun untuk mempercantik tampilan taman kamu.

Kerajinan Tangan Bentuk Bingkai Kaca


Kerajinan Tangan Bentuk Bingkai Kaca
earthporm.com

CD terbuat dari plastik polikarbonat dan aluminium, yang merupakan bahan bernilai tinggi untuk dijadikan kerajinan tangan.
Dengan melakukan daur ulang kepingan cd akan membantu mengurangi bumi dari kerusakan, karena kepingan cd merupakan barang yang susah diuraikan oleh tanah.
Nah salah satu ide memanfaatkan kepingan cd tersebut, kamu bisa menggunakannya untuk membuat bingkai kaca.

Hiasan Dinding dari Kepingan CD


Hiasan Dinding dari Kepingan CD
icreativeideas.com

Ingin tampilan ruangan kamu terlihat makin modis dan indah? Nah membuat hiasan diding dari cd bekas ini mungkin bisa kamu pertimbangkan.
Cara membuatnya juga mudahh kok, kamu tinggal memberikan warna hitam pada piringan kemudian lukisan dengan motif batik ataupun motif kesukaan kamu.

Membuat Lampu Hias dari Kepingan CD


Membuat Lampu Hias dari Kepingan CD
earthporm.com

Satu lagi kreasi tangan yang bisa dibuat dari cd bekas yakni lampu hias. Ya, dengan lampu hias ini suasana rumah kamu akan semakin gemerlap.
Tentu kamu juga bisa berinovasi dengan memberikan warna pada lampu sehingga suasana ruangan menjadi semakin nyaman dengan perpaduan warna lampu yang menarik.

Meja Kaca Hias


Meja Kaca Hias
earthporm.com

Meja kaca biasa akan semakin menarik bila diberikan hiasan dari kepingan cd bekas. Untuk memuat kerajinan dari barang bekas memang tidak rumit kok, buktinya meja ini. Dengan hanya menempelkan kepingan cd sudah memberikan efek unik dan menarik.

Tas Unik dengan Kepingan CD


Tas Unik dengan Kepingan CD
earthporm.com

Ingin tampil trandy? Untuk bisa tampil keren tidak harus menggunakan produk-produk dengan harga mahal kok. Dengan sedikit kreativitas kamu bisa merubah tas yang biasa aja menjadi lebih unik dan menarik. Contonya tas yang ada di gambar di atas, hanya dengan menambah kepingan cd bisa menjadikan tas kamu makin trandy.

Tempat Tisu dari CD Bekas


Tempat Tisu dari CD Bekas
earthporm.com

Bosa dengan tempat tisu yang biasa saja? Kamu bisa membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan kepingan cd bekas.
Potong kecil-kecil kaset cd kemudian tempelkan pada tempat tisu yang kamu punya. Susun sampai kepingan cd menutupi semua permukaan tempat tisu. Dan hasilnya seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas.

Topi Unik dari CD Bekas


Topi dari Kepng CD Bekas
earthporm.com

Pengen tampil unik dan beda dari yang lain? Ya, kamu bisa mencoba mengenakan topi yang telat dihias dengan kepingan cd.
Caranya juga gak rumit kok, kamu hanya perlu menempelkan kepingan cd untuk menutupi permukaan topi seperti yang ada pada gambar di atas.

Kumpulan Kerajina Tangan dari Botol Bekas

Sering melihat botol plastik berserakan di tong sampah ataupun di jalan-jalan? Ya, botol plastik memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam keseharian masyarakat modern.
Hampir setiap produk komersil menggunakan botol plastik sebagai kemasannya seperti minuman, bumbu, makanan dan berbagai produk lain.
Seperti yang telah dketahui bahwa bahan plastik yang digunakan untuk membuat botol kemasan sangat susah untuk diuraikan oleh tanah.
Oleh sebab itu bila tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan masalah yang cukup besar. Salah satu cara untuk mengatasi sampah plastik adalah dengan mendaur ulang untuk dibuat kerajinan tangan yang unik dan menarik. Berikut adalah beberapa jenis kerajinan tangan dari botol bekas yang bisa kamu jadikan sumber penghasilan.

Hiasan Dinding dari Tutup Botol


Dinding dari Tutup Botol
designrulz.com

Malas ngecat diding rumah? Tapi ingin punya rumah dengan tampilan unik dan menarik? Inilah solusinya. Dengan memanfaatkan limbah tutup botol kamu bisa menghias diding rumah agar tampil menawan.
Kamu bisa menggumpulkan berbagai tutup botol dengan aneka warna-warna cerah. Kemudian susun tutup botol tersebut di dinding. Kamu bisa menggunakan paku atau bila dinding tembok bisa menggunakan lem.

Lampu Hias dari Botol Minuman


Lampu Hias dari Botol Minuman
designrulz.com

Setelah diminum biasanya botol plastik kemasan di buang begitu saja di tempat sampah. Padahal jika kamu sedikit kreatif, bisa memanfaatkan botol plastik tersebut sebagai lampu hias yang unik.
Caranya mudah kok, kamu hanya perlu meremas bagian badan botol dan memutarnya. Kemudian pasang lampu let kecil di dalamnya, dan nikmati keindahan cahaya yang terpancar dari dalam botol.

Bunga Hias dari Botol Plastik


Bunga Hias dari Botol Plastik
designrulz.com

Ingin menghias ruangan rumah agar tampil lebih indah? Kamu bisa memanfaatkan botol ataupun gelas plastik untuk dibentuk menyerupai bunga. Setelah itu jangan lupa diberikan warna favorit agar terlihat lebih menarik.

Tempat Lilin dan Pensil
designrulz.com

Botol bekas merupakan benda yang unik, kamu bisa membuat berbagai kreasi dengan benda ini. Salah satu contohnya bisa kamu lihat pada gambar di atas.
Dengan hanya memotong bagian atasnya kemudian merapikan bekas potongannya kamu bisa menjadikan botol tersebut sebagai tempat lilin, pot bungan, tempat pensil dan tempat koran.

Pagar Rumah dari Susunan Botol


Pagar Rumah dari Susunan Botol
designrulz.com

Selain bisa dibuat kerajinan tangan, botol bekas juga bisa dimanfaatkan sebagai pagar rumah. Pagar dari botol memang tidak terlalu populer di indonesia, tetapi bila diaplikasikan dengan baik hasilnya akan memperindah tampilan rumah kamu.

Tempat Perhiasan dari Botol Bekas


Tempat Perhiasan dari Botol Bekas
epbot.com

Banyak yang memandang sebelah mata botol bekas. Oleh karena itu keberadaannya dianggap sebagai sampah yang harus dijauhkan dari rumah.
Tapi di tangan orang kreatif botol bekas bisa disulap menjadi tempat perhiasan mewah yang unik. Kamu bisa meletakan perhiasan yang kamu gunakan sehari-hari di tempat ini.

Membuat Lukisan Bunga dengan Botol


Membuat Lukisan Bunga dengan Botol
alphamom.com

Apakah kamu punya bakat untuk melukis? Kalau tidak bakat berarti kita sama hehehe. Tapi dengan memanfaatkan botol kamu bisa membuat lukisan bunga dengan mudah lho.
Contohnya pada gambar di atas, kamu hanya perlu membasahi pantat botol dengan cat kemudian tempelkan bagian bawah botol ke kertas lukis. Bagaimana, mudah bukan?

Lampu Hias dari Botol Bekas


Lampu Hias dari Botol Bekas
boredpanda.com

Pengen beli lampu hias tapi mahal? Tenang saja, kamu bisa membuat lampu hias sendiri dari kumpulan botol bekas yang ada di sekitar rumah.
Caranya mudah kok, kamu cukup memotong bagian belakang botol kemudian susun sampai menyerupai bentuk bunga. Jelasnya bisa lihat pada gambar di atas.

Celengan Unik dari Botol Bekas


Celengan Unik dari Botol Bekas
boredpanda.com

Nah kerajinan tangan yang satu ini menjadi favorit saya. Kamu bisa membuat celengan lucu dari botol bekas yang sudah tidak digunakan lagi.
Caranya juga simpel yakni hanya dengan menggunakan 2 bauah bagian pantat botol kemudian sambung keduanya dengan menggunakan resleting. Setelah itu lem resleting dan kedua bagaian botol menjadi satu. Celengan ini bisa kamu hadiahkan pada adik atau anak agar mereka rajin menabung.

Tempat Pensil dari Botol


Tempat Pensil dari Botol
boredpanda.com

Pensil warna ataupun alat tulis lain biasanya diletakan begitu saja, sehingga ketika butuh terkadang susuah untuk mencarinya. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada kamu sebaiknya gunakan tempat pensil yang satu ini deh.
Selain unik bahan untuk membuat tempat pensil ini bisa kamu dapatkan gratis lho. Kamu bisa memanfaatkan botol plastik yang sudah tidak digunakan lai kemudian membentuknya seperti gambar di atas.

Mainan Anak dari Botol Kemasan


Mainan Anak dari Botol Kemasan
playideas.com

Ingin membahagiakan anak? Berilah mereka mainan menarik ini. Ya, hanya dengan 2 botol dan beberapa tambahan bahan lainnya kamu sudah bisa membuat mainan roket untuk anak. Meskipun terlihat sederhana, saya yakin anak-anak akan sangat bahagia menggunakan mainan ini.

Tempat Makanan Burung


Tempat Makanan Burung
boredpanda.com

Memelihara burung merupakan salah satu hobi yang digemari banyak orang. Ya, tentu agar burung bisa tumbuh sehat dan berkicau dengan merdu perlu perawatan yang baik.
Untuk membuat tempat makan, mungkin kamu bisa membuatnya dari botol plastik bekas minuman. Kamu bisa membuatnya seperti yang ada pada gambar.

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Kardus

Berbeda dengan botol plastik yang relatif mudah dibuat berbagai kerajinan tangan yang bagus, kardus memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan bahan lain. Untuk membuat karya dari kardus diperlukan ketrampilan dan ketelitian.
Meskipun terbilang sulit tetapi bahan kardus menjadi salah satu bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Karya yang dihasilkanpun beragam mulai dari yang sederhana sampai yang rumit.
Ada yang dikerjakan hanya dengan tangan ada juga yang harus menggunakan peralatan tertentu. Berikut adalah beberapa daftar kerajinan tangan yang dibuat dari kardus.

Desktop Catchall Organizer


Desktop Catchall Organizer
bingodu.com

Kamu sering lupa tempat menyimpan hp atau barang penting lainnya? Jika iya, membuat kotak penyimpanan dari kardus ini mungkin bisa dipertimbangkan.
Cara membuat kerajinan ini cukup mudah kok, kamu hanya perlu membuat polanya kemudian potong beberapa kardus sesuai pola tersebut. Langkah selanjutnya tinggal menggabungkan kardus tersebut setinggi yang diinginkan.

Lampu Geometric dari Kardus


Lampu Geometric dari Kardus
instructables.com

Kreativitas dari bahan kardus yang satu ini patut untuk diacungi jempol. Bagaimana tidak, hanya berbekal bahan kardus bekas bisa disulap menjadi lampu yang unik dan menarik.
Kamu bisa membentuk pola tertentu dan memilih warna lampu sesuai favorit. Dengan lampu geometri ini akan menamah suasana tenang di ruangan kamu.

Kap Lampu Model Klasik


Kap Lampu Tradisional
etsy.com

Pasti kamu tidak akan mengira bila kap lampu klasik ini ternyata dibuat dari bahan kardus. Iya, itulah kreativitas yang bisa membuat sesuatu dengan imajinasi tingkat tinggi.
Untuk mengerjakan kap lampu dari kardus ini memang dibutuhkan skill dan peralatan yang cukup rumit. Denga lampu model ini tentu akan menambahkan suasan klasik pada rumah kamu.

Rak Dinding


Rak Dinding
magazinuldecase.ro

Tahu kan bahan yang digunakan untuk membuat rak diding unik ini? Yups, bener sekali, rak ini dibuat dari kardus yang digunakan pada bagian dalam lakban.
Biasanya setelah lakban habis, kardus dalamnya akan dibuang begitu saja. Nah, agar tidak menjadi sampah, kamu bisa menggunakan lakban tersebut untuk membuat rak unik seperti yang ada pada gambar di atas.

Kardus Geometric Sculpture


Kardus Geometric Sculpture
buzzfeed.com

Satu kata untuk kerajinan tangan kardus ini “AMAZING”. Kardus memang bahan yang mudah untuk dibentuk dan dibuat berbagai bentuk kerajinan.
Hasil kerajinannya juga sangat beragam, salah satunya seperti gambar di atas. Sebuah seni geometric dengan berbagai bentuknya yang unik.

Rumah Bermain Anak


Rumah Bermain Anak
naiise.com

Anak-anak memnag suka sekali bermain, terutama bila berada di rumah. Semua barang mungkin akan dijadikan mainan, untuk menghindari hal tersebut kamu bisa membuatkan rumah bermainnya sendiri.
Dengan membuatkan rumah bermain sendiri akan membuat anak-anak semakin ceria dan tentu akan lebih mudah dalam mengawasinya.
(sarungpreneur)


Dukung dan sebarkan kebaikan ini ke semua saudara-saudara dan sahabat Anda, ajaklah mereka berpartisipasi dalam kebaikan. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:
“Barang siapa mengajak kepada suatu kebaikan, maka ia mendapat pahala seperti orang yang mengikutinya, dengan tidak mengurangi sedikitpun pahala-pahala mereka. Dan barang siapa yang mengajak kepada kesesatan maka ia akan mendapat dosa seperti orang yang mengikutinya, dengan tidak mengurangi sedikitpun dosa-dosa mereka.” (H.R. Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar